PERTEMUAN VI
Piranti Interaksi
Keyboard
• Merupakan piranti tekstual utama
• Tata letak keyboard
QWERTY layout
• Diciptakan oleh Christopher Latahm Sholes, 1870-an
• Dirancang untuk memperlambat grakan pemakai agar tombol mesin tik tidak menyangkut
• Pasangan huruf saling berjauhan untuk meningkatkan jarak pergerakan jari.
Standar keyboard bahasa Inggris
Kecepatan rata-rata: 150 kata permenit
• DVORAK layout
Diciptakan oleh August Dvorak dan William L. Desley, 1936
Dirancang untuk mengurangi jarak pergerakan jari
Mempercepat ketikan hingga 200 ketikan permenit
Belum diterima secara luas
• ABCDE layout
Tombol-tombol disusun menurut abjad
Tidak pnya kelebihan dibanding tata letak lainnya karena itu tidak banyak dipakai
• Tombol-tombol Keyboard
Ukuran: ½ inci persegi, jarak antar tombol sekitar ¼ inci
Dapat menerima tekanan 40-125 gf/luas
Jika ditekan masuk 3-5 mm
Tombol-tombol khusus lebih besar
Tanda bagi Caps-Lock, Num Lock, Scroll Lock
Warna yang informatif
Tombol F dan J pada tata letak QWERTY ditandai
• Function Keys
Untuk fungsi-fungsi khusus
Positif: mengurangi ketukan dan kesalahan
Negatif: letaknya jauh dari Home Position dan fungsinya harus dihapal.
Pointing Devices
Pointing Devices digunakan untukmenunjuk dan memilih di layar
Merupakan piranti yang digunakan pada direct manipulation
Tugas interaksi pada pointing devices:
• Select: memindahkan titik pada ruang berdimensi satu, dua, tiga atau lebih
• Orient: memilih arah pada ruang berdimensi satu, dua, tiga atau lebih
• Path: serangkaian operasi position dan orient yang cepat untuk membentuk jalur atau kurva
• Quantity: menentukan nilai numerik
• Text: menandai lokasi penyisipan, penghapusan, perubahan teks
Indirect Pointing Devices: tidak menunjuk langsung ke layar, tetapi menggerakkan perantara yaitu kursor
Macam indirect pointing devices
• Mouse
Kelebihan: posisi tangan nyaman, tombolnya mudah ditekan, pergerakan kursor cepat, penempatan akurat
Kelemahan: tangan harus pindah dari keyboard, memakan tempat dimeja, kabelnya mengganggu, harus diangkat dan diletakkan kembali untuk pergerakan panjang dan harus berlatih untuk menguasainya.
• Trackball
“Mouse terbalik”
Tidak memakan banyak tempat
Banyak digunakan pada laptop
• Joystick
Baik intuk tracking
Pergerakan sedikit, perpindahan arah mudah
• Graphics Tablet
Permukaan peka sentuh yang terpisah dari layar.
Keuntungan:
Posisi tangan nyaman
Tidak peelu menunjuk ke layar
Permukaan luas
• Touchpad
Permukaan peka sentuh yang biasa digunakan pada laptop
• Pointing Stick
Joystick mini dari bahan karet yang diletakkan diantara tombol-tombol keyboard dan digerakkan jari tangan
Speech Recognition, Digitization and Generation
Discrete Word Recognition
• Mengenali kata yang diucapkan orang satu per satu
• Kehandalan 90-98% untuk kosakata 50-150 kata
• Berguna jika
Tangan pemibacara sibuk
Mobilitas diperlukan
Mata pembicara harus memperhatikan sesuatu
Kondisi yang keras atau terkungkung yang tidak memungkinkan pemakaian keyboard
Speech Recognition
• Mengenalikata-kata yang diucapkan secara normal
• Harapan: pendiktean dokumen, transkripsi rekaman suara
• Contoh: Dragon Naturally Speaking
Speech Store and Forward
• Penyimpanan dan pengiriman kembali pesan yang diucapkan
Speech Generation
• Komputer menghasilkan ucapan
Audio Tones, Audiolization, Music
• Umpan balik berupa suara (bukan ucapan)
Piranti Tampilan (Monitor)
Jenis Tampilan
• Monokrom
• Warna: CGA, EGA, VGA, Super VGA/XGA
• Teknologi Display
Cathode Ray Tube (CRT)
Liquid Crystal Display (LCD)
Plasma panel
Light Emitting Diodes (LED)
MASUKKAN TOMBOL TWEET DISINI
|
|
0 comments:
Post a Comment