;

Interkom pertemuan VI

PERTEMUAN VI
Piranti Interaksi
 Keyboard
• Merupakan piranti tekstual utama
• Tata letak keyboard
 QWERTY layout
• Diciptakan oleh Christopher Latahm Sholes, 1870-an
• Dirancang untuk memperlambat grakan pemakai agar tombol mesin tik tidak menyangkut
• Pasangan huruf saling berjauhan untuk meningkatkan jarak pergerakan jari.
 Standar keyboard bahasa Inggris
 Kecepatan rata-rata: 150 kata permenit
• DVORAK layout
 Diciptakan oleh August Dvorak dan William L. Desley, 1936
 Dirancang untuk mengurangi jarak pergerakan jari
 Mempercepat ketikan hingga 200 ketikan permenit
 Belum diterima secara luas
• ABCDE layout
 Tombol-tombol disusun menurut abjad
 Tidak pnya kelebihan dibanding tata letak lainnya karena itu tidak banyak dipakai
• Tombol-tombol Keyboard
 Ukuran: ½ inci persegi, jarak antar tombol sekitar ¼ inci
 Dapat menerima tekanan 40-125 gf/luas
 Jika ditekan masuk 3-5 mm
 Tombol-tombol khusus lebih besar
 Tanda bagi Caps-Lock, Num Lock, Scroll Lock
 Warna yang informatif
 Tombol F dan J pada tata letak QWERTY ditandai
• Function Keys
 Untuk fungsi-fungsi khusus
 Positif: mengurangi ketukan dan kesalahan
 Negatif: letaknya jauh dari Home Position dan fungsinya harus dihapal.
Pointing Devices
 Pointing Devices digunakan untukmenunjuk dan memilih di layar
 Merupakan piranti yang digunakan pada direct manipulation
 Tugas interaksi pada pointing devices:
• Select: memindahkan titik pada ruang berdimensi satu, dua, tiga atau lebih
• Orient: memilih arah pada ruang berdimensi satu, dua, tiga atau lebih
• Path: serangkaian operasi position dan orient yang cepat untuk membentuk jalur atau kurva
• Quantity: menentukan nilai numerik
• Text: menandai lokasi penyisipan, penghapusan, perubahan teks
 Indirect Pointing Devices: tidak menunjuk langsung ke layar, tetapi menggerakkan perantara yaitu kursor
 Macam indirect pointing devices
• Mouse
 Kelebihan: posisi tangan nyaman, tombolnya mudah ditekan, pergerakan kursor cepat, penempatan akurat
 Kelemahan: tangan harus pindah dari keyboard, memakan tempat dimeja, kabelnya mengganggu, harus diangkat dan diletakkan kembali untuk pergerakan panjang dan harus berlatih untuk menguasainya.
• Trackball
 “Mouse terbalik”
 Tidak memakan banyak tempat
 Banyak digunakan pada laptop
• Joystick
 Baik intuk tracking
 Pergerakan sedikit, perpindahan arah mudah
• Graphics Tablet
 Permukaan peka sentuh yang terpisah dari layar.
 Keuntungan:
 Posisi tangan nyaman
 Tidak peelu menunjuk ke layar
 Permukaan luas
• Touchpad
 Permukaan peka sentuh yang biasa digunakan pada laptop
• Pointing Stick
 Joystick mini dari bahan karet yang diletakkan diantara tombol-tombol keyboard dan digerakkan jari tangan
Speech Recognition, Digitization and Generation
 Discrete Word Recognition
• Mengenali kata yang diucapkan orang satu per satu
• Kehandalan 90-98% untuk kosakata 50-150 kata
• Berguna jika
 Tangan pemibacara sibuk
 Mobilitas diperlukan
 Mata pembicara harus memperhatikan sesuatu
 Kondisi yang keras atau terkungkung yang tidak memungkinkan pemakaian keyboard
 Speech Recognition
• Mengenalikata-kata yang diucapkan secara normal
• Harapan: pendiktean dokumen, transkripsi rekaman suara
• Contoh: Dragon Naturally Speaking
 Speech Store and Forward
• Penyimpanan dan pengiriman kembali pesan yang diucapkan
 Speech Generation
• Komputer menghasilkan ucapan
 Audio Tones, Audiolization, Music
• Umpan balik berupa suara (bukan ucapan)
Piranti Tampilan (Monitor)
 Jenis Tampilan
• Monokrom
• Warna: CGA, EGA, VGA, Super VGA/XGA
• Teknologi Display
 Cathode Ray Tube (CRT)
 Liquid Crystal Display (LCD)
 Plasma panel
 Light Emitting Diodes (LED)

BACA JUGA

WAHANAHITAM - 7:11 AM
MASUKKAN TOMBOL TWEET DISINI

0 comments:

Post a Comment